KEGIATAN INTI DI RPP

KEGIATAN EKSPLORASI, ELABORASI DAN KONFIRMASI GURU DAN SISWA

DALAM KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
OLEH : AGUS BUDIANTO
1. EKSPLORASI
(sesuaikan dengan masing-masing mata pelajaran)
Siswa
– Membentuk kelompok kecil dan bersama teman sekelompoknya menelusuri informasi yang mereka butuhkan dan merumuskan masalah
– menggali informasi dengan membaca, berdikusi, atau percobaan
– mengamati objek di lapangan dan labolatorium.
– mengumpulkan dan mengolah data
– mengembangkan hasil penelusuran informasi dalam bentuk grafik, tabel, diagram
– Mendengarkan dialog tentang ungkapan melalui ucapan guru atau media electronik seperti CD, Podcast, atau MP3 .
– Mengidentifikasi kosakata sulit yang terkait dengan ungkapan meminta dan memberi barang dan jasa. Contoh: tentang pemakaian noun, verb, personal pronoun, gambits dan adverbs.
– Menemukan jenis kalimat yang dipakai dalam ungkapan meminta dan memberi barang dan jasa ( Imperative dan request sentence
– Mencari pengetian tentang sesuatu
– Mencari rumus sendiri tentang perhitungan sesuatu

Guru
– menggunakan berbagai pendekatan dan media
– memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik, peserta didik dengan guru, dan peserta didik dengan sumber belajar
– melibatkan peserta didik secara aktif
– Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber
– Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain
– Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya
– Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
– Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan

2. ELABORASI
Kegiatan guru dan siswa dalam siklus elaborasi adalah
Siswa
– melaporkan hasil eksplorasi secara lisan atau tertulis, baik secara individu maupun kelompok
– menanggapi laporan atau pendapat teman
– mengajukan argumentasi dengan santun
– mendiskusikan dan mengadakan Tanya jawab
– menganalisis kekuatan atau kelemahan argument
– menyimpulkan bersama, dan menyusun laporan atau tulisan,
– mempresentasikan hasil temuannya untuk dibahas
– Peserta didik mengerjakan 3 soal yang diberikan guru.
Guru
– memfasilitasi peserta didik untuk berpikir kritis, menganalisis, meemcahkan masalah, bertindak tanpa rasa takut
– Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis
– memfasilitasi peserta didik untuk berkompetisi secara sehat dan jujur
– Guru melihat pekerjaan siswa dan memberikan bimbingan bagi yang mengalami kesulitan.
– Guru membahas soal yang dianggap sulit
– Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok
– Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan
– Membahas ungkapan yang telah ditemukan siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran.
– Merespon kalimat-kalimat yang diucapkan dengan menirukan kembali.
– Menjawab pertanyaan tentang isi ungkapan tentang sesuatu hal melalui ungkapan yang diucapkan guru atau melalui media.
– Mengarahkan proses diskusi siswa agar perdebatan mengarah pada materi pembelajaran
3. KONFIRMASI
Siswa
– melakukan refleksi terhadap pengalaman belajarnya
– mengkonfirmasikan terhadap unsur-unsur yang dapat meningkatkan kejelasan atas kebenaran suatu informasi
– melakukan uji kesahihan apakah informasi yang dijadikan landasan kesimpulan itu benar-benar kuat
– mengadakan Tanya jawab dengan guru untuk menghilangkan keraguan tentang suatu konsep
– menuliskan rangkuman materi tentang suatu hal
– menggunakan teori/ konsep yang telah diterima untuk diterapkan pada kehidupan nyata
Guru
– memberi umpan balik positif kepada peserta didik dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik
– memberi konfirmasi melalui berbagai sumber terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi
– berperan sebagai narasumber dan fasilitator untuk menjelaskan pertanyaan dari siswa
– memberi acuan agar peserta didik melakukan pengecekan hasil ekplorasi
– Memfasilitasi peserta didik untuk lebih jauh/dalam/luas memperkaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: