MAKNA QURBAN

MAKASSA–MICOM: Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD yang berkesempatan menjadi khatib seusai shalat Idul Adha di Masjid Al Markaz Al Islami Jendral M Jusuf Makassar, Rabu (17/11) tak henti-hentinya mengingatkan ribuan jamaah agar senantiasa meningkatkan persatuan masyarakat karena negara ini sedang dalam masalah besar.

Sebelum mengahiri khutbah Idul Adhanya dengan judul ‘Berqurban dalam Ajaran Islam dengan Konteks Keadilan yang Berkonstitusi’, pria kelahiran Sampang, Madura 13 Mei 1957 itu mengatakan negara kita sedang dalam masalah besar dan terancam akan karam, bukan karena perbedaan antara umat beragama tetapi karena hukum dan keadilan yang tidak ditegakkan.

“Di negara kita sekarang sedang marak jual beli hukum, tidak ada lagi keadilan. Dan ancaman yang riil sekarang karena tidak adanya keadilan. Jila itu tidak ada lagi, maka negara ini akan hancur,” tegas Mahfud.

Meski tak mencontohkan secara spesifik jual beli hukum atau perkara yang dimaksud Mahfud juga menyebutkan beberapa kasus yang sangat memprihatinkan yang katanya juga terjadi pada zaman Rasulullah Muhammad SAW, jika ada orang kecil bersalah, maka langsung divonis dengan ancaman besar, sementara jika orang besar (berkuasa) yang melakukan kesalahan maka akan mendapat ancaman kecil.

“Dengan kondisi demikian, Muhammad SAW menjelaskan, maka negara yang orang-orangnya berlaku seperti itu akan hancur sebelum dan sesudahnya. Karenanya, marilah tegakkan hukum dan keadilan agar negara bisa tetap eksis,” tegas Mahfud.

Karenanya, sebelum mengakhiri khitbahnya, Mahfud berharap dengan perayaan Idul Adha ini, agar bisa terwujud kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh warga bangsa dengan membangun nasionalisme, tak perlu dengan menggunakan senjata seperti era penjajahan dulu, tapi cukup dengan penegakan hukum dan keadilan. (LN/OL-8)

semoga hal ini bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: